Teknik menghafal cepat adalah suatu cara untuk memasukkan informasi ke dalam otak (menghafal) dengan melibatkan otak kanan.
A. OTAK MANUSIA
Menurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.
Berdasarkan sifatnya, otak kiri
bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan
bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
B. TEKNIK MENGHAPAL CEPAT
1. Memory Sport
Perlu
kita ketahui bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Apabila otot
tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila
diolahragakan akan kuat. Begitu juga dengan otak. Otak akan lemah bila
tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka itu kita
perlu mengolahragakan otak kita.
Salah satu cara utk mengolahragakan otak kita adalah melalui memory sport.
Langkah – langkah memory sport;
1. Menyiapkan tempat dengan menggunakan site sistem
2. Menyiapkan kata – kata yang akan diingat
3. Menyimpan kata – kata tersebut pada tempat yg telah ditetapkan
4. Memanggil kata – kata yg telah disimpan berdasarkan langkah ke-3
Alokasi waktu untuk mengingat
adalah 2 menit. Bila anda sudah bisa mengingat 25 kata dalam waktu 2
menit, maka konsentrasi anda telah meningkat. lakukanlah memory sport
ini setiap hari, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa
2. Site Sistem
Adalah
suatu teknik menyimpan informasi secara teratur dg cara menempatkan
informasi yg akan kita ingat (hafal) pada tempat – tempat yg tlh
ditetapkan
cara membuat site sistem;
1. Tempat harus yg sudah dikenal oleh kita
2. Tempat harus dpt dilihat dg jelas
3. Tempat dibagi menjadi beberapa area
4. Tempat harus bisa dibayangkan
3. Relation Sistem
Adalah
suatu teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi
yang satu dengan informasi yg lainnya dengan aksi. Relation sistem
dipakai utk menghafal yg berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan
ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dsb
Contoh penggunaan aksi dalam relation sistem;
Uang masuk kedalam kipas
Roda menabrak ember
Kucing makan rujak
Masuk kedalam, menabrak, dan
makan adalah aksinya. Aksi tersebut adalah sebaiga klu / pemicu utk
menarik informasi yg ada didepannya, sehingga informasi yg ada
didepannya tidak lupa
4. Story Sistem
Adalah
teknik untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yg
satu dengan informasi yg lainnya menjadi sebuah cerita
Contoh;
Burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah
Cara menghafal;
Bayangkan!
Burung
memakai baju terbang ke awan minum coca cola terbang lagi ke gunung
ketemu kelinci yang membawa pistol utk menembak buaya yg tidur dibawah
pohon di dekat kawah
5. Mnemonic
Adalah teknik menghapal yg bersifat abstrak dg cara mengubah kata abstrak tersebut menjadi benda konkrit yg bisa dibayangkan
Mnemonic dibagi menjadi 2, yaitu;
1.
Sistem gambaran adalah suatu teknik menghapal informasi yg abstrak
dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yg
konkrit. utk menggambarkannya bisa dengan kegiatan, sesuatu yg terkenal
seperti orang, makanan, dll.
contoh:
Gembira digambarkan dg org yg sedang bergembira
Jogya digambarkan dg Borobudur
Jakarta digambarkan menjadi monas
2. Sistem persamaan bunyi, adalah suatu teknik utk menghapal informasi berdasarkan persamaan bunyinya
Contoh :
Singapura menjadi singa
Irak menjadi rak
0 komentar:
Posting Komentar